pemograman BERBASIS DESKTOP
Pemrograman Visual Berbasis Desktop adalah pemrograman yang di
lakukan dengan memanipulasi
elemen-elemen visual yang di lakukan pada sebuah PC tunggal yang
pengoperasiannya tidak bergantung pada PC lain dalam jaringan maupun web.
– Visual Basic : Visual Basic merupakan pemrograman visual berbasis
desktop
·
Pemrograman Desktop :
- .Net
-
Java
-
Delphi.
-
PYTHON
-
PERL
-
Bahasa pemrograman
C
-
Bahasa pemograman VISUAL C++
-
Bahasa pemograman C++
1. NET
NET merupakan sebuah
bahasa pemrograman yang memiliki ruang lingkup besar dan kompleks.
*Kelebihan .Net yaitu
memungkinkan kita membuat aplikasi windows base yang di launch melalui Internet Explorer sehingga kita dapat
memanfaatkan rich window component untuk aplikasi web.
*Kekurangannya terlalu
boros memori.
Bahasa pemrograman .Net yaitu Visual Basic (VB), C++ dan C sharp (C #):
2. JAVA
Java’ adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Dikembangkan oleh sun microsystem dan diterbitkan tahun 1995. Fitur pada Java yaitu Java virtual machine (jvm), garbage collection, code security.
Java’ adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Dikembangkan oleh sun microsystem dan diterbitkan tahun 1995. Fitur pada Java yaitu Java virtual machine (jvm), garbage collection, code security.
*Kelebihan dari Java adalah multiplatform, perpustakaan kelas yang
lengkap, bergaya C++, pengumpulan sampah otomatis.
*Kekurangan Java adalah tulis sekali, perbaiki di mana saja, mudah
didekompilasi, penggunaan memori yang banyak.
3. DELPHI
DELPHI adalah sebuah perangkat lunak (bahasa pemrograman) untuk membuat program / aplikasi komputer berbasis windows. Bahasa pemograman berbasis objek, artinya semua komponen yang ada merupakan objek-objek.
DELPHI adalah sebuah perangkat lunak (bahasa pemrograman) untuk membuat program / aplikasi komputer berbasis windows. Bahasa pemograman berbasis objek, artinya semua komponen yang ada merupakan objek-objek.
*Keuntungan dari DELPHI yaitu komunitas pengguna yang besar pada usenet
maupun web, dapat mengkompilasi menjadi single executable, memudahkan
distribusi dan meminimalisir masalah yang terkait dengan versioning, banyaknya
dukungan dari pihak ketiga terhadap VCL (biasanya tersedia berikut source
codenya) ataupun tools pendukung lainnya (dokumentasi, tool debugging),
optimasi kompiler yang cukup cepat, mendukung multiple platform dari source
code yang sama.
*Kekurangan dari DELPHI adalah partial single vendor lock-in (Borland
dapat menetapkan standar bahasa, kompatibilitas yang harus mengikutinya),
terbatasnya kamampuan portabilitas antar-platform OS (sebelum ada kylix), akses
pada platform dan library pihak ketiga membutuhkan file-file header yang
diterjemahkan ke dalam bahasa pascal, dokumentasi atas platform dan
teknik-teknik yang menyertainya sulit ditemukan dalam bahasa pascal (contoh
akses COM dan Win32).
4. PYTHON
Python
adalah bahasa pemrograman dinamis yang mendukung pemrograman
berorientasi obyek. Python dapat digunakan untuk berbagai keperluan
pengembangan perangkat lunak dan dapat berjalan di berbagai
platform sistem operasi.
5. PERL
Perl adalah bahasa pemrograman untuk mesin
dengan sistem operasi Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX), juga tersedia untuk
sistem operasi seperti DOS, Windows, PowerPC, BeOS, VMS, EBCDIC, dan PocketPC.
PERL merupakan bahasa pemograman yang mirip
bahasa pemograman C.
6 .Bahasa pemrograman C
Dibuat untuk memprogram sistem dan jaringan komputer
namun bahasa ini juga sering digunakan dalam mengembangkan software aplikasi. C
juga banyak dipakai oleh berbagai jenis platform sistem operasi dan arsitektur
komputer, bahkan terdapat beberepa compiler yang sangat populer telah tersedia.
7. Bahasa pemograman VISUAL C++
Visual C++ adalah sebuah produk Integrated
Development Environment (IDE) untukbahasa
pemrograman C dan C++ yang dikembangkan Microsoft.
Visual C++ merupakan salah satu bagian dari paket Microsoft Visual
Studio
8. Bahasa pemograman C++
C++ merupakan bahasa pemrograman yang memiliki
sifat Pemrograman berorientasi objek, Untuk menyelesaikan masalah, C++
melakukan langkah pertama dengan menjelaskan class-class yang merupakan anak
class yang dibuat sebelumnya sebagai abstraksi dari object-object fisik, Class
tersebut berisi keadaan object, anggota-anggotanya dan kemampuan dari
objectnya, Setelah beberapa Class dibuat kemudian masalah dipecahkan dengan
Class.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar