Home

Rabu, 15 Januari 2014

Media Transmisi Guide / Unguided



Media Transmisi Guided 



Sebuah jaringan komputer memerlukan media transmisi untuk menghubungkan satu komputer/terminal dengan komputer/terminal lainnya. Melalui media transmisi ini informasi dan data akan dialirkan, sehingga membentuk jaringan komunikasi antar komputer.

















A. STP (Shielded Twisted Pair)Kabel STP hampir sama dengan UTP, hanya saja memiliki lapisan yang dapat melindungi dari interfensi elektromagnetik. Karena pelindung terbuat dari logam, maka

 dapat juga berfungsi sebagai groundB. UTP (Unshielded Twisted Pair)Kabel UTP paling sering digunakan pada jaringan etheenet dan telepon. Untuk jaringan ethernet, kabel ini memiliki ciri khas, yaitu terdiri 4 pasang kabel yang berwarna biru, biru-putih, oranye, oranye-putih, hijau, hijau-putih, coklat dan coklat-putih.



utpB.Kabel UTP memiliki lima kategori, yaitu :Kategori 1, digunakan untuk suara (kabel telepon)Kategori 2, digunakan untuk data sampai dengan 4 MbpsKategori 3, digunakan untuk data sampai dengan 10 MbpsKategori 4, digunakan untuk data sampai dengan 20 MbpsKategori 5, digunakan untuk data sampai dengan 100 MbpsKabel UTP yang biasa digunakan untuk LAN adalah kategori 3 dan 5 yang memiliki panjang maksimum tiap jalur 100 meter. Konektor yang digunakan unuk kabel UTP disebut RJ-45C. 









C.CoaxialSeperti pada kabel antena, kabel coaxial terdiri dari tembaga tunggal di tengah yang dilapisi oleh plastik dan pelindung metal sebagai proteksi dari interferensi luar. Terdiri dua macam kabel coaxial, yaitu Thicknet 10Base5 dan Thinnet 10Base2. D. Fiber OptikFiber optik atau serat optik mengunakan sinyal cahaya dalam proses transfer data dan tahan tehadap interferensi elektromagnetik. 





Fiber-Optik

D.Kabel fiber optik bekerja dengan cahaya yang berjalan dalam kabel dengan cara terus memantul dari cermin pelapis dinding dengan prinsip yang refleksi internal. 



Media Transmisi Unguided

Merupakan transmisi media jaringan gelombang. Jenis-jenis dari unguided transmission media :A.Gelombang mikro= gelombang radio yang beroperasi pada frekuensi tinggi(UHF,SHF dan EHF)





B. Satelit = menerima sinyal dari stasiun bumi dan meneruskannya ke stasiun bumi lainnya. Keuntungannya lebih murah daripada menggelar kabel ke seluruh benua.





C. Gelombang radio = gelombang transmisi yang digunakan untuk mengirim data atau suara. Dapat mengirimkan gelombang dengan posisi sembarang dan memungkinkan dalam keadaan bergerak.







D. Infra merah = digunakan untuk komunikasi jarak dekat dengan  kecepatan 4Mbps. Contoh penggunaannya bisa berupa remote control televisi. Kebal terhadap interferensi gelombang radio.








Media PendukungA. Modular ConectorKonektor Modular adalah nama yang diberikan untuk keluarga konektor listrik awalnya digunakan dalam kabel telepon dan sekarang digunakan untuk tujuan lainnya . Banyak aplikasi yang awalnya menggunakan bulkier , konektor lebih mahal sekarang telah bermigrasi ke konektor modular . Mungkin aplikasi yang paling terkenal dari konektor modular adalah untuk jack telepon dan jack Ethernet , yang keduanya hampir selalu konektor modular .Konektor modular awalnya digunakan dengan sistem jack terdaftar , yang justru menggambarkan bagaimana konektor kabel untuk telekomunikasi . Spesifikasi jack terdaftar menentukan pola kabel dari jack , bukan dimensi fisik atau geometri dari konektor baik gender. Sebaliknya , aspek-aspek yang terakhir dicakup oleh standar ISO 8877 , pertama kali digunakan dalam sistem ISDN . TIA/EIA-568 adalah standar untuk sirkit data kabel pada konektor modular .Sistem lain ada untuk menetapkan sinyal ke konektor modular , pertukaran fisik colokan jack dan tidak menjamin interoperation , atau perlindungan dari kerusakan listrik untuk sirkuit . Misalnya, kabel modular dan konektor telah digunakan untuk memasok tegangan rendah AC atau daya DC dan tidak ada standar yang jelas ada untuk aplikasi ini .B.Patch Panel


Patch cable adalah segmen kabel UTP yang dipakai untuk menghubungkan kartu interface jaringan ke wall jack atau untuk menghubungkan bagian-2 lain dari instalasi kabel jaringan ini.Patch panel merupakan panel penghubung yang menyediakan multi port yang menyalurkan kabel-2 ke piranti-2 atau hardware penghubung lainnya seperti switch.Kegunaan Patch PanelSebuah patch panel memisahkan peralatan  jaringan kabel (switch, router) dari perangkat jaringan (komputer, printer, scanner) . Setiap kabel yang berasal dari peralatan jaringan akan tersambung ke belakang patch panel. Setelah itu patch panel akan terhubung dengan switch unmanaged/managed melalui kabel utp penghubung (disebut: patch cable/patch cord). Berikut adalah apa pukulan ke daerah di belakang panel patch terlihat seperti:









C.NIC

NIC adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Tugas NIC adalah untuk mengubah aliran data paralel dalam bus komputer menjadi bentuk data serial sehingga dapat ditransmisikan di atas media jaringan. Fungsi NIC

  • Media pengirim data ke komputer lain di dalam jaringan
  • Mengontrol data flow antara komputer dan sistem kabel
  • Menerima data yang dikirim dari komputer lain lewat kabel dan menerjemahkannya ke dalam bit yang dimengerti oleh komputer


Standar Pengkabelan


> TIA/EIA-568-A (T568A)
putihhijau-hijau-putihoranye-biru-putihbiru-oranye-putihcoklat-coklat



> TIA/EIA-568-B (T568B)putihoranye-oranye-putihhijau-biru-putihbiru-hijau-
putihcoklat-coklat




Model Pengkabelan



a. Straight Through ConfigurationKabel jenis ini biasa digunakan untuk menghubungkan perangkat jaringan dengan tingkat hierarki yang berbeda. Sebagai contoh adalah ketika kita menghubungkan PC ke jaringan komputer kita di kantor lewat switch. Tipe kabel jenis ini lebih umum digunakan dan relatif lebih mudah dalam penyusunan kabelnya saat memasang konektor RJ-45.

HASIL TESTER : URUTAN NOMER WARNA HIJAU PADA INDIKATOR ADALAH 1 2 3 4 5 6 






b. Cross Over ConfigurationKabel jenis ini biasa digunakan untuk menghubungkan dua perangkat jaringan dengan hierarki setingkat, sebagai contoh koneksi antara PC to PC, atau PC ke AP Radio, Router to router.


HASIL TESTER : URUTAN NOMER WARNA HIJAU PADA INDIKATOR ADALAH 3 6 1 4 5 2 7 8








c. Kabel RolloverKabel jenis ini biasanya digunakan untuk mengakses router dengan PC/laptop kita. Konfigurasi kabel jenis ini cukup simpel karena kita tinggal membalik urutan kabel yang kita pasang di satu sisi. Misal kita menggunakan standar 568B (standar untuk kabel straight through), maka kita tinggal membalik urutan menjadi coklat untuk urutan pertama di ujung kabel yang lai


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By Dani-idham